Pelantikan PD AWI Prop.Kepulauan Bangka Belitung

Pelantikan PD AWI Prop.Kepulauan Bangka Belitung

R. Muktiono Waspodo Jul 12, 2024 11:23 92
Pelantikan PD AWI Prop.Kepulauan Bangka Belitung


 PELANTIKAN PD AWI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG  2024-2029

 

PANGKALPINANG - Ketua Umum Asosiasi Widyaprada Indonesia (AWI), Ir. Harris Iskandar, Ph.D. mendorong para Widyaprada untuk berperan penuh dalam memberikan pendampingan kepada pemda dan menjadi jembatan komunikasi yang baik dalam menyikapi arah kebijakan pemerintah pusat dan daerah khususnya di bidang pendidikan.Oleh karena itu setiap Widyaprada tentu harus mempunyai pemahaman mengenai kebijakan pemerintah pusat dengan baik, memahami perilaku stakeholders, dan ahli dalam berkomunikasi, ungkapnya.

Hal ini menurut Harris merupakan perwujudan dari 4 (empat) misi AWI yaitu melakukan advokasi kebijakan mutu pendidikan, melaksanakan fasilitasi pemenuhan dan peningkatan mutu pendidikan, melakukan pengembangan sistem penjaminan mutu pendidikan yang berkelanjutan, dan meningkatkan kompetensi serta profesionalisme sebagai Widyaprada.

Ia menekankan membangun pendidikan yang bermutu bukanlah sebuah persoalan mudah. Tetapi, siapa pun yang berhasil menerapkan inovasi dan langkah-langkah terbaik yang arahnya memajukan mutu pendidikan di Indonesia tentu patut diapresiasi, tegas Harris. Hal ini disampaikan Harris saat memberikan pengarahan setelah melantik Pengurus AWI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Periode 2024- 2029 di Hotel Santika Bangka, Rabu 10 Juli 2024.

Harris mengucapkan selamat kepada semua Widyaprada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung baik yang bertugas di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) maupun di Dinas Pendidikan atas atas pelantikan dan pengukuhannya sebagai Pengurus AWI Babel. Selamat bekerja tantangan ke depan sangat besar, sangat mendesak, karena itu rapatkan barisan, kita akan sama-sama bahu-membahu dalam menghidupkan kiprah AWI ini,imbuh Harris yang menjabat Widyaprada Ahli Utama di Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

 

 

 

Sementara itu Sekretaris Umum AWI Muktiono Waspodo, saat pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) sehari sebelum pelantikan memberikan penjelasan terkait AD/ART AWI dan Sikap/Perilaku Widyaprada sebagai suatu rujukan untuk mengikhtiarkan diri dan organisasi AWI dapat berperan secara optimal. Tentu hal ini membutuhkan dukungan secara aktif semua pengurus daerah dan anggota AWI Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Melalui wadah AWI ini dapat mendorong lahirnya berbagai ide/gagasan dan kegiatan guna  mengakselerasi capaian kinerja lembaga dan juga secara khusus dapat melayani masyarakat lebih baik dalam peningkatan mutu pendidikan  di wilayah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, demikian tuturnya. Kegiatan Musda Pembentukan PD AWI Prop. Kepulauan Bangka Belitung dibuka secara resmi oleh Kepala BPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kami harapkan pelaksanaan Musda dapat terselenggara dengan baik dan juga menghasil kesepakatan/keputusan yang dapat mendorong kinerja lemba menjadi lebih maju. Tantangan yang dihadapi ke depan semakin besar, dan dari 7 fungsi yang ada pada BPMP, sebagin besar menjadi beban tugas yang diemban oleh Widyaprada. Oleh karena itu kami keberadaan PD AWI Provinsi Kepulauan bangka Belitung menajdi hal yang sangat penting, demikina imbuh Ir.Guritno Wahyu Wijanarko, ME.

Hendri Gunawan, Ketua AWI Babel mengatakan akan melaksanakan amanah program kerja yang sudah ditetapkan di dalam musda untuk ditindaklanjuti bersama segenap pengurus daerah yang telah dilantik selama masa bakti tahun 2024 hingga 2029. ÃƒÂ¢Ã¢â€šÂ¬Ã…“Jadi kami akan bekerja bersama tentunya dengan melibatkan para stakeholders pendidikan tentukan dengan berlandaskan visi dan misi AWI, tegasnya.

Pengurus AWI Kepulauan Bangka Belitung periode 2024-2029 ditentukan dalam Musyawarah Daerah (Musda) Pembentukan AWI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2024 di Wisma Singgah BPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang dihadiri oleh dua belas (12) orang Widyaprada, Selasa 9 Juli 2024 sehari sebelum kegiatan pelantikan. Musda menghasilkan 3 (tiga) taget yang tercapai yaitu Tersosialisasikan  Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART), dan Kode Etik/Perilaku Widyaprada; ter;pilihnya  Ketua Pengurus Daerah Asosiasi AWI Provinsi Kepulauan Riau, Kakak Hendri Gunawan, M.T.; dan Usulan Program Kerja AWI Babel 2024-2029.

Acara pelantikan/pengukuhan dihadiri oleh tamu undangan dari Dinas Pendidikan, Balai Guru Penggerak Babel, Kantor Bahasa Babel, BAN PDM Babel, dan undangan lainnya. Pada kesempatan pelantikan  sebagai saksi  adalah Muktiono Waspodo (Sekum PP AWI) dan Perwakilan BAN PDM Arfian Chandra Dinata.