Menyikapi PPDB tahun 2023

Menyikapi PPDB tahun 2023

R. Muktiono Waspodo Apr 02, 2023 08:38 73
Menyikapi PPDB tahun 2023

MENYIKAPI PPDB TAHUN 2023

 

PPDB tahun 2023 hampir sama dengan ketentuan pada aturan tahun 2022, dimana sekolah swasta juga masuk ke sistem PPDB Online. Kebijakan ini sebagai respons kurangnya daya tampung di sekolah negeri di berbagai daerah di Indonesia. Pada kenyataanya setiap tahunnya, sekolah negeri  tidak bisa menampung siswaq. Hal ini sebagai suatu kewajaran karena di masyakat juga tidak selamanya akan memasukan sekolahna anaknya di sekolah negeri. Meskipun dari jumlah yang dipantau setiap tahunnya PPDB. masih tetap diminati sekolah negeri, terutama sekolah menegah atas negeri. Pelibatan sekolah swasta juga dipicu karena ada keinginan menerima kelebihan animo di sekolah negeri. Pada umumnya sekoah sekolah swasta lebih awal membuka penerimaan siswanya. Agar terjamin keadilannya, (penerimaan calon siswa) sekolah swasta harus masuk lewat (mekanisme) PPDB Online daerah. Agar jadi pilihan peserta didik. Misal pilihan 1 mau di SMA apa, pilihan 2 apa, pilihan 3 apa. (Penerimaannya) Tidak manual, menghindari ketidakadilan. Sekolah swasta juga tidak harus pilihan kedua, boleh jadi pilihan pertama,"

Sebelum menunduh SK PPDB terbaru untuk jenjang SD, SMP, SMA ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu bahwa PPDB bertujuan untuk menjamin penerimaan peserta didik baru berjalan secara objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi sehingga mendorong peningkatan akses layanan pendidikan.

 

PPDB dapat dilakukan dengan dua cara; pertama, pendaftaran melalui jejaring (daring/online), yaitu melalui laman (website) resmi PPDB daerah masingmasing. Kedua, pendaftaran melalui luring (luar jaringan/offline), yaitu dengan mendaftar langsung ke sekolah. Sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah wajib mengumumkan secara terbuka proses pelaksanaan dan informasi PPDB, antara lain terkait persyaratan, seleksi, daya tampung, dan hasil penerimaan peserta didik baru.

Sebelum sekolah melakukan kegiatan PPDB pastinya sekolah akan membentuk panitia yang akan bekerja dalam melakukan kegiatan penerimaan peserta didik baru di setiap jenjang Pendidikan. Dalam memilih nama-nama panitia PPDB tentunya di lakukan melalui rapat yang dilakukan oleh kepala sekolah dan dewan guru serta seluruh elemen warga sekolah yang memiliki hak yang sama untuk mengikuti rapat tersebut.

 

Dalam pemilihan panitia penerimaan peserta didik baru akan terpilih siapa-siapa yang nantinya akan menjadi ketua, wakil ketua, sekertaris, bendahara dan anggota-anggota yang nantinya kesemuanya itu memiliki tugas yang berbeda-beda.

 

Mulai tahun lalu hingga saat ini program penerimaan penerimaan peserta didik baru telah mengalami beberapa perubahan di antaranya yaitu sekolah hanya dapat menerimakan calon peserta didik baru dengan menggunakan sistem zonasi. Artinya bahwa calon peserta didik baru akan di terima apabila masih berada di daerah yang sesuai dengan zonasi yang telah di tentukan oleh sekolah yang terkait. 


Setiap pemerintah daerah  merespons masalah daya tampung yang dapat dimungkin berbebda antara satu daerah dengan lannya. Pada umumnya strategi yang diambil yakni pertama yaitu merger, sedangkan pendekatan kedua yakni menjalankan seperti biasa. Jika (sekolah yang kelebihan animo pendaftar) berdekatan (lokasinya) dengan sekolah lain, bisa merger. Tetapi kalau sekolah jauh, dan SMK, tidak mudah merger. Di SMK ada program keahlian yang berbeda, yang tidak ada di SMK lainnya,


Baskara dari DInas Pendidikan Yogayakarta menuturkan, minat masuk sekolah di SMA-SMA Yogyakarta sangat tinggi. Kendati demikian, masih ada SMK yang kekurangan siswa untuk beberapa prodi tertentu. "Minat masuk sekolah sangat tinggi di SMA, jadi tidak ada yg kurang murid. Yang kurang itu SMK, untuk prodi tertentu," katanya.


Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah Wardani Sugiyanto menuturkan, jalur zonasi PPDB 2023 dilaksanakan pada beberapa desa, sehingga bisa diarahkan. Kami juga coba grouping class. Ini kami coba tawarkan ke Pemda Klaten dengan mengubah dengan merdeka belajar. Dua kelas jadi satu, pembelajaran merdeka jadi lewat diskusi, diembangkan dengan baik " kata Wardani. Wardani menuturkan, merespons masalah tidak meratanya mutu pendidikan dengan jalur zonasi PPDB, ia berharap seleksi PPPK Guru tahun ini mampu mengatrol kualitas pendidikan.


Guru SD di Klaten saat ini 60% merupakan guru honorer. Adapun dana BOS kecil. Sementara peluang sertifikasi guru swasta di sini lebih tinggi dari yayasan. Kekhawatiran kami atas kehadiran negara di pendidikan SD semoga terjawab di PPPK untuk naikkan mutu (pendidikan) di SD dan ketertiban, kedisiplinan dalam layanan terhadap masyarakat," kata Wardani.

Dengan adanya system zonasi tersebut maka di harapkan Pendidikan dapat di rasakan secara merata oleh siapapun sehingga akan di peroleh sekolah-sekolah yang berkualitas sesuai dengan harapan dari Menteri Pendidikan.

 

Surat keterangan atau SK yang menjadi bukti resmi bahwa nama-nama tersebut merupakan orang-orang yang telah dipilih sebagai panitia PPDB sehingga mereka yang telah terpilih harus siap melakukan tanggung jawabnya sebagai panitia PPDB dengan baik.

 

SK PPDB akan sangat penting bagi sekolah sebab selain menjadi arsip bagi sekolah SK PPDB tersebut juga akan sangat dibutuhkan oleh mereka yang menjabat sebagai panitia PPDB baik untuk keperluan kenaikan pangkat bagi PNS maupun sebagai kelengkapan berkas ketika akan melakukan kegiatan akreditasi sekolah. (MW 300323)