Audiensi AWI dengan Dirjen Paud. Dikdas, dan  Dikmen

Audiensi AWI dengan Dirjen Paud. Dikdas, dan Dikmen

R. Muktiono Waspodo Jun 28, 2022 08:21 73
Audiensi AWI dengan Dirjen Paud. Dikdas, dan  Dikmen

Kita mulai dari NOL

Audiensi Pertama Pengurus Pusat AWI 

 

Setelah tertunda beberapa kali dikarenakan berbagai aktivitas, alhamdulillah pada hari Jumat 24 Juni 2022, bertempat di Ruang Sidang Lantai 5 Gedung E, audiensi Pengurus AWI dengan Dirjen PAUD Dikdas Dikmen Bapak Jumeri, Sesditjen Bapak Sutanto dan Koordinator Fungsi Kepegawaian Bapak Dodi, terlaksana dengan baik. Pengurus Pusat AWI diwakili oleh Ketua Umum Bapak Harris Iskandar, Sekretaris Umum Bapak R. Muktiono Waspodo, Bendahara Umum Ibu Poppy Dewi Puspitawati, Ketua Majelis Pertimbangan dan Kehormatan (MPK) Bapak Thamrin Kasman, Anggota MPK Bapak Harmanto, dan Wakil Ketua Bidang Pengembangan SDM Ibu Fitria Yolanda dan Kepala Sekretariat AWI, Ibu Nilam Suri.

 

Ketua Umum AWI menyampaikan tentang maksud dan tujuan beraudiensi, yaitu melaporkan pembentukan organisasi profesi Asosiasi Widyaprada Indonesia (AWI) dan memohon arahan Dirjen PAUD Dikdas Dikmen selaku Dewan Pembina. Secara singkat, Ketum menyampaikan tentang kronologi pembentukan AWI sejak Januari 2021, serta hasil-hasil kesepakatan yg telah dicapai pada Kongres AWI Pertama pada 12-14 Mei, 2022 di Hotel Arosa Jl. R.C. Veteran Raya No. 3, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Hasil yang telah dicapai  dalam kongres melalui  sidang pleno yang dipimpin oleh Bapak Hurip Danu Ismadi (WP Ahli Utama) yakni Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) AWI, Kode Etik dan Perilaku WP, dan Program Kerja AWI Tahun 2022 s.d 2027. Apresiasi disampaikan kepada Bapak Dirjen, khususnya Sesditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen, melalui Fungsi Kepegawaian, yang telah memfasilitasi seluruh kegiatan pembentukan AWI selama ini. 

 

Dirjen PAUD Dikdas Dikmen, Bapak Jumeri menyambut baik kelahiran AWI, terutama untuk kepentingan pembinaan WP agar lebih kompeten, profesional dan memiliki karir yang lebih jelas. Di masa transformasi birokrasi dan reorganisasi seperti yang terjadi sekarang ini, pembinaan WP sangat diperlukan. Demikian juga dengan misi utama penjaminan mutu pendidikan. Tugas WP mulai dari pemetaan mutu pendidikan, pendampingan satuan pendidikan, pembimbingan satuan pendidian, supervisi pendidikan, dan/atau pengembangan model penjaminan mutu pendidikan, sangat relevan dengan kebijakan utama Kementerian untuk mewujudkan pendidikan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia. Dukungan tidak hanya bersifat institutional tetapi juga personal. Beliau sendiri berencana menjadi Widyaprada dan mendaftar anggota AWI. Organisasi profesi AWI diharapkan bisa bersinergi dengan lembaga pembina, bukan menjadi oposisi. 

 

Dukungan Bapak Dirjen PAUD Dikdas, dan Dikmen dikuatkan oleh Sekretaris Ditjen PAUD Dikdas dan Dikmen dalam memberi dukungan logistik, serta sarana prasarana untuk operasional AWI. Kantor Pengurus Pusat AWI rencana berlokasi di Gedung C lantai II Kompleks Kemdikbudristek Cipete Jakarta Selatan. Kegiatan AWI diupayakan bersinergi dan relevan dengan kegiatan Ditjen PAUD Dikdas dan Dikmen dalam memberikan penguatan kepada Pemerintah Daerah, Satuan Pendidikan, dan tidak melupakan kepentingan bagi Para Widyaprada sendiri untuk perolehan Angka Kredit (AK). Oleh karena itu, Sesditjen memohon agar AWI segera menyampaikan Rencana Program Kerja Kegiatan yang akan dilaksanakan AWI selanjutnya. Diharapkan juga Pengurus dapat memikirkan terkait tambahan keanggotaan AWI dari lintas Kementerian sebagai penyiapan kegiatan AWI dalam membantu peningkatan kompetensi Anggota AWI dan menyesuaikan tugas-tugas Institusi Pembina harus ada dalam program kerja WP.

 

Selanjutnya, seluruh Pengurus AWI akan segera dikukuhkan. Waktu dan tempat akan menyesuaikan dengan jadwal Bapak Dirjen PAUD Dikdas dan Dikmen. Setelah pengukuhan (pelantikan), langkah berikutnya membentuk pengurus daerah yang akan menyelenggarakan musyawarah daerah di setiap provinsi. Tidak kalah penting Pengurus juga melakukan sosialisasi tentang AWI melalui berbagai media yang ada serta kegiatan-kegiatan kepada masyarakat luas. Kegiatan pertemuan diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama. (AWI 2022)

 

 

 

Audiensi dengan Dirjen Paud,Dikdas, Dikmen dengan Asosiasi

Widyaprada Indonesia, taggal 24 Juni 2022